HEALTHY ( Kehebatan ATLM Sebagai Tenaga Kesehatan yang Mendiagnosa Penyakit )


Seiring berjalannya waktu, mucul berbagai penyakit yang dapat kita temui. Penyakit yang mucul sekarang ini, sangat beragam jenisnya. Bahkan masih banyak penyakit yang belum ditemukan obat untuk penyembuhannya. Salah satu penyakit yang akan kita bahas adalah penyakit infeksi. Penyakit infeksi disebabkan oleh mikroorganisme yang menyerang jaringan pada tubuh manusia. Mikroorganisme tersebut akan menimbulkan gangguan kesehatan dan bisa menyebabkan kematian. Akibat banyaknya penyakit yang ada, tenaga kesehatan bekerja keras untuk menangani masalah tersebut. Mereka berusaha menyembuhkan orang-orang yang sedang sakit dan mencari jalan keluar untuk penyakit yang belum ditemukan obatnya.
Mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit infeksi yaitu bakteri, virus, parasit, dan jamur. Seseorang yang terkena penyakit infeksi akan mengalami gangguan kesehatan yang disebabkan oleh mikroorganisme tersebut. Jika penyakit ini terus dibiarkan, maka mikroorganisme tersebut akan menguasai dan menggerogoti tubuh kita. kemudian daya tahan tubuh akan semakin memburuk karena penyakit infeksi tersebut. Contoh penyakit infeksi yang timbul saat ini adalah virus corona. Virus ini berasal dari Wuhan, China dan menyebar di berbagai negara termasuk Indonesia. Virus corona menyerang sistem pernapasan pada tubuh manusia. Virus ini dapat menyebar dengan mudah, misalnya saat seseorang yang tidak sengaja menghirup cipratan air liur orang  lain saat bersin.Kemudian, virus akan menular dan menguasai sistem pernapasan manusia. Orang yang terinfeksi, maka kekebalan tubuhnya akan menurun. Virus  ini akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Jika tidak segera ditangani, maka keadaan orang yang terinfeksi akan semakin memburuk, karena mengalami gangguan pernapasan dan bisa meninggal dunia.



Selain virus corona, masih banyak contoh penyakit infeksi lainnya. Kemudian tenaga kesehatan akan berjuang di garda terdepan. Tenaga kesehatan yang berperan pertama kali dalam mendiagnosis penyakit adalah Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM). ATLM akan mengambil sampel/cairan dari dalam tubuh pasien dan akan diperiksa di laboratorium. Alat yang digunakan ATLM untuk memeriksa sampel yaitu sebagian besar menggunakan alat yang canggih dan beberapa alat manual untuk pemeriksaan yang ringan. Kemudian, hasil pemeriksaan tersebut dapat digunakan untuk menentukan diagnosis dan berbagai faktor lainnya. Hasil diagnosis tersebut akan dipercayai keakuratannya, karena ATLM menggunakan alat yang canggih sehingga kemungkinan melakukan kekeliruan itu kecil. Diagnosis tersebut juga digunakan sebagai rujukan utama bagi para dokter dan tenaga medis lainnya.
Selain dipercaya, hasil pemeriksaan dari ATLM akan digunakan dokter sebagai tanda bukti diagnosis seorang pasien. Dari sini kita dapat menyimpulkan, bahwa  seorang ATLM harus memiliki keterampilan khusus dan ketelitian dalam melakukan pemersikaan. ATLM juga harus Maka dari itu, seharusnya kita menghargai jasa tenaga kesehatan dengan mengikuti anjuran yang telah diberikan karena dibalik sebuah kesuksesan terdapat usaha yang sangat besar. memiliki keahlian khusus dan melakukan banyak pelatihan sebelum terjun langsung di dunia kesehatan. Hal tersebut dikarenakan, ATLM berperan besar dalam mendiagnosis suatu penyakit.
Seiring berjalannya waktu, ATLM akan semakin dibutuhkan dalam dunia kesehatan. Diagnosis hasil pemeriksaan ATLM sangat berguna bagi tenaga medis lainnya dan bagi pasien. Tenaga medis ATLM selalu bekerja keras untuk menyelamatkan nyawa banyak orang walaupun bekerja dibalik layar. Seperti Mendiagnosis penyakit infeksi, penyakit infeksi yang disebabkan mikroorganisme ini dapat diketahui diagnosisnya berkat ATLM.



Karya : Nabilla Harsinta Putri

Komentar