Pentingnya Peran ATLM


Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) adalah setiap orang yang telah menempuh pendidikan Teknologi Laboratorium Medik dan sering disebut dengan analis kesehatan atau analis medis, ATLM memiliki kompetensi keahlian seperti melakukan analisis terhadap cairan dan jaringan tubuh manusia untuk membantu menghasilkan diagnosis penyakit pasien ataupun tentang kesehatan perseorangan dan masyarakat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Masalah yang sering dihadapi dimasyarakat adalah kurangnya pengetahuan tentang ATLM. Masyarakat beranggapan bahwa hanya dokter yang bisa mendiagnosis penyakit tanpa bantuan dari siapapun, padahal dokter tidak bisa mendiagnosis penyakit tanpa hasil dari pemeriksaan yang kita kerjakan, tenaga medis saling bekerja sama antara dokter, ATLM, perawat dan tenaga medis lain untuk menangani pasien, masalah seperti ini adalah sala satu contoh bahwa masyarakat masih kurang paham mengenai profesi ATLM ini. Kita sebagai generasi penerus ATLM harus bisa memperkenalkan profesi ini kepada masyarakat. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan sosialisasi dengan memperkenalkan tugas ATLM contohnya dengan melakukan pemeriksaan gratis kepada masyarakat, dimana saat melakukan pemeriksaan petugas memberikan penyuluhan tentang profesi ATLM yang sedang memeriksa masyarakat tersebut.
Seorang ATLM melakukan pemeriksaan pasti memerlukan dukungan alat yang memadai. Di zaman yang modern seperti saat ini semua serba canggih. Ada banyak peralatan canggih untuk melakukan pemeriksaan. Perkembangan teknologi bisa jadi menguntungkan atau bahkan merugikan untuk kita. Keuntungan adanya perkembangan teknologi untuk ATLM salah satunya yaitu kita tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan hasil pemeriksaan, sehingga penanganan pasien bisa dilakakukan secepat mungkin disamping waktu yang cepat alat-alat canggih sekarang bahkan bisa dioprasikan oleh orang awam, hal ini lah yang dapat menjadikan ancaman atau kerugian bagi ATLM. Karena disuatu saat nanti bisa saja mutu alat tersebut lebih tinggi dari pada mutu yang dimiliki oleh seorang ATLM. Maka dari itu kita sebagai ATLM harus meningkatkan mutu kompetensi yang dimiliki, agar kita bisa menunjukkan kepada




masyarakat juga bahwa dalam pemeriksaan perlu memiliki dasar dan pengetahuan, sehingga tidak sembarang orang bisa melakukan pemeriksaan sendiri walaupun sudah menggunakan alat yang canggih sekalipun. Pengetahuan dan keterampilan ATLM haruslah ditingkatkan dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi sekarang dan yang akan datang. Hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan seminar dan pelatihan kepada pelajar, mahasiswa,dan tenaga profesi atau dengan mengadakan perlombaan kompetensi secara berkala. Karena hal ini sangat membantu bagi peningkatan mutu pelajar maupun mahasiswa.Walaupun semua sudah serba canggih,namun masih banyak daerah pelosok yang belum memiliki alat yang memadai untuk menunjang pemeriksaan. Maka dari itu kita perlu melakukan pemerataan alat guna melakukan pemeriksaan.
Kita sebagai penerus ATLM harus meningkatkan mutu diri kita. Karena semakin berkembangnya zaman, semakin canggih pula teknologinya. Jangan sampai kita kalah saing dengan alat alat tersebut. Kita harus memiliki semangat yang tinggi guna menciptakan Indonesia yang sehat dan marilah bersama sama memperkenalkan profesi Teknologi Laboratorium Medik di masyarakat bukan untuk mendapatkan pujian atas hasil kerja kita tapi kita kenalkan profesi kita agar mereka tau bagaimana kita bekerja.


karya : Muhammad Ilham Yahya Saputra, SMK KESDAM IV DIPONEGORO, 

Daftar Pustaka



Permenkes RI. 2015. Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia No.42 tentang Izin Dan Penyelenggaraan Praktik Ahli Teknologi Laboratorium Medik Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Jakarta: Mentri Hukum dan Hak Asasi Manusia

Komentar