PEMERIKSAAN DARAH LENGKAP

Pemeriksaan Darah Lengkap 


    Tes darah lengkap adalah salah satu metode tes darah yang akan meneliti darah dalam tubuh dengan lengkap, yakni sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah. Pemeriksaan darah dilakukan dengan cara mengambil darah dari pembuluh darah vena yang terletak dekat dengan permukaan kulit. Daerah yang paling sering dipilih adalah lipatan siku. Pengerjaan tes ini cukup mudah dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

    Berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan oleh petugas laboratorium saat mengambil sampel darah untuk pemeriksaan darah lengkap:

  1. Membersihkan area kulit di lokasi pengambilan darah, menggunakan larutan antiseptik. 
  2. Mengikatkan tali elastis pada bagian atas lokasi pengambilan darah, agar aliran darah terbendung di area tersebut.
  3. Memasukkan jarum ke dalam pembuluh darah vena dan menyedot darah sejumlah yang dibutuhkan, lalu menampungnya di dalam tabung kecil. 
  4. Menutup luka bekas tusukan jarum dengan perban. 
  5. Menempelkan label berisi nama dan waktu pengambilan darah pada tabung penampung darah, lalu mengirimkannya ke laboratorium untuk diperiksa. 

    Prosedur ini memang bisa terasa sedikit tidak nyaman, terutama ketika jarum menusuk kulit. Setelahnya, mungkin akan muncul sedikit memar di lokasi pengambilan darah 

Penjelasan Hasil Pemeriksaan Darah Lengkap 

    Dalam pemeriksaan darah lengkap, ada tiga jenis sel darah yang akan dihitung oleh petugas laboratorium, yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit). Batas normal untuk kadar masing-masing sel darah ini tergantung pada usia dan jenis kelamin. Jumlah sel darah yang terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menandakan adanya gangguan atau kondisi medis tertentu.









Referensi:

https://www.alodokter.com/pemeriksaan-darah-lengkap-dapat-mendeteksi-penyakit#:~:text=Pemeriksaan%20darah%20dilakukan%20dengan%20cara,hanya%20membutuhkan%20waktu%20beberapa%20menit

Komentar