Pemeriksaan kadar hemoglobin dengan metode POCT (Point Of Care Testing) sebagai bentuk deteksi dini penyakit anemia

Pemeriksaan kadar hemoglobin dengan metode POCT (Point Of Care Testing) sebagai bentuk deteksi dini penyakit anemia


Kasus anemia di Indonesia masih cukup tinggi hasil prevalensi nasional menunjukkan bahwa pada semua kelompok usia adalah 21,70%. Kisaran sehat untuk hemoglobin adalah:

Untuk pria, 13,2 hingga 16,6 gram per desiliter

Untuk wanita, 11,6 hingga 15 gram per desiliter.

 

Apa yang terjadi ketika kadar Hb menurun?

Salah satunya adalah dapat menyebabkan penyakit anemia. Penyakit anemia dapat dideteksi dengan melakukan pengukuran kadar hemoglobin (Hb) menggunakan metode POCT (Point Of Care Testing).

Metode POCT merupakan metode yang dilakukan untuk pemeriksaan sederhana dengan menggunakan sampel dalam jumlah sedikit, mudah, cepat serta efektif dilakukan di daerah-daerah dengan jumlah fasilitas kesehatan seperti pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), rumah sakit yang relatif sedikit.

Pemeriksaan kadar hemoglobin menggunkan Hb meter memiliki metode POCT (Point of Care Testing) dengan prinsip reflectance (pemantulan) yaitu membaca warna yang terbentuk dari sebuah reaksi antara sampel yang mengandung bahan tertentu dengan reagen yang ada pada sebuah strip, selanjutnya warna yang terbentuk dibaca oleh alat.

 

Pengukuran kadar hemoglobin (Hb) dengan metode POCT yang dilakukan melalui pemeriksaan menggunakan strip test.

1. Pengambilan sampel darah responden diletakkan pada strip Hb

2. Kemudian strip Hb tersebut dimasukkan pada alat Cek Hb, maka secara otomatis nilai kadar Hb akan terdeteksi pada alat.

 








Referensi:

  1. Aruch D, Mascarenhas J. Contemporary approach to essential thrombocythemia and polycythemia vera. Current Opinion in Hematology [Internet]. 2016 Mar [cited 2017 Feb 1]; 23(2):150–60. 
  2. CBC with differential, blood. Mayo Medical Laboratories. Rochester, Minn.: Mayo Foundation for Medical Education and Research. 
  3. National Heart, Lung, and Blood Institute [Internet]. Bethesda (MD): U.S. Department of Health and Human Services; Types of Blood Tests; [updated 2012 Jan 6; cited 2017 Feb 1]; [about 4 screens]. 
  4. National Heart, Lung, and Blood Institute [Internet]. Bethesda (MD): U.S. Department of Health and Human Services; What Do Blood Tests Show?



Komentar