Mengenal Profesi Dibalik Layar



BAB I PENDAHULUAN

A.     LATAR BELAKANG
ATLM yaitu kepanjangan dari Ahli Teknologi Laboratorium Medik. Profesi ATLM yaitu profesi yang bekerja pada sarana kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat. ATLM juga mendiagnosa penyakit infeksi. Penyakit infeksi yaitu penyakit yang disebabkan oleh bakteri, jamur, virus, dan parasit. Profesi ATLM kurang dikenal oleh masyarakat karena bekerja di balik layar.

B.     RUMUSAN MASALAH
a.           Apa penjelasan tentang ATLM dan penyakit infeksi?
b.          Bagaimana cara mendiagnosa penyakit infeksi dan cara agar ATLM dikenal masyarakat?

C.     TUJUAN
a.           Untuk menjelaskan tentang ATLM dan penyakit infeksi
b.          Untuk mengetahui cara mendiagnosa penyakit infeksi dan cara agar ATLM dikenal masyarakat.



BAB II PEMBAHASAN

A.  PENJELASAN MENGENAI ATLM DAN PENYAKIT INFEKSI
ATLM dalam bekerja harus menggunakan Alat Pelindung Diri/APD yang terdiri dari jas, masker, handscoon, dan sandal. APD digunakan agar tidak terkena serta terkontaminasi oleh virus/bakteri pada sampel. ATLM adalah orang pertama yang mengetahui pasien posif/negatif terhadap suatu penyakit. Dalam bekerja ATLM juga harus teliti dan berhati-hati. Jika tidak teliti hasil pemeriksaan tidak sesuai. ATLM memiliki beberapa bidang yaitu Imunologi, Hematologi, Kimia Klinik, Mikrobiologi. Biasanya ATLM mendiagnosa penyakit infeksi dengan beberapa cara dan disetiap cara memiliki prinsip dan prosedur yang berbeda. Contoh penyakit infeksi yaitu diare, tipus, sifilis, TBC, dll. Upaya untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi :
1.       Menerapkan pola hidup bersih dan sehat
Dapat dilakukan dengan cara mencuci tangan sebelum makan, menjaga kebersihan di lingkungan sekitar, serta makan makanan yang bergizi seimbang.
2.       Tidak berbagi pakai barang pribadi
Hal ini dilakukan karena ada penyakit infeksi yang ditularkan melalui barang pribadi. Salah satunya yaitu penyakit Hepatitis dan penyakit kulit.
3.       Melakukan vaksinasi sesuai jadwal
Vaksinasi dilakukan agar tubuh kebal terhadap penyakit.


B.   CARA MENDIAGNOSA PENYAKIT DAN CARA AGAR ATLM DIKENAL MASYARAKAT
ATLM mendiagnosa penyakit dengan menggunakan sampel, sampel tersebut yaitu serum/plasma, darah, air liur, urine, feses, sputum (dahak), dan cairan otak. Berikut adalah contoh pemeriksaan penyakit infeksi :



1.       Pemeriksaan Widal untuk mendiagnosa tifus. Tipus disebabkan karena adanya bakteri Salmonella Typi. Pemeriksaan yang dilakukan yaitu dengan metode slide dan hasilnya positif jika terdapat aglutinasi.
2.       Pemeriksaan BTA untuk mendiagnosa penyakit TBC. Pemeriksaan ini menggunakan sampel spuntum dengan bantuan beberapa reagen. Hasilnya dibaca melalui mikroskop.
Menurut saya hal yang dapat dilakukan untuk mengenalkan ATLM kepada masyarakat yaitu dengan memberikan informasi terkait tenaga kesahatan di Indonesia terutama profesi yang bekerja dibalik layar. Hal itu dapat dilakukan melalui sosial media maupun secara langsung.



BAB III PENUTUP

A. KESIMPULAN
APD digunakan agar tidak terkena serta terkontaminasi oleh virus/bakteri pada sampel. Dalam bekerja ATLM juga harus teliti dan berhati-hati. Sampel untuk mendiagnosa yaitu serum/plasma, darah, air liur, urine, feses, sputum (dahak), dan cairan otak. Contoh pemeriksaan penyakit infeksi yaitu Pemeriksaan Widal untuk mendiagnosa tifus dan pemeriksaan BTA untuk mendiagnosa penyakit TBC. Untuk mengenalkan ATLM kepada masyarakat yaitu dengan memberikan informasi terkait tenaga kesahatan di Indonesia terutama profesi yang bekerja dibalik layar



Karya : Annisa Intan Sabilla

Komentar