HEMATOLOGY ANALYZER

  HEMATOLOGY ANALYZER



PENGERTIAN ALAT HEMATOLOGY ANALYZER

Hematology Analyzer merupakan alat untuk mengukur sampel berupa darah, biasa digunakan dalam bidang Kesehatan. Alat ini dapat membantu mendiagnosis penyakit yang diderita seorang pasien seperti kanker, diabetes, dan lain-lain.

Alat yang digunakan untuk memeriksa darah lengkap dengan cara menghitung dan mengukur sel darah secara otomatis berdasarkan impedansi aliran listrik atau berkas cahaya terhadap sel-sel yang di lewatkan. Mengukur sampel berupa darah. Pemeriksaan hematologi rutin seperti meliputi pemeriksaan hemoglobin, hitung sel leukosit, dan hitung jumlah sel trombosit. (Ginting, 2016).

B. PRINSIP KERJA

Prinsip dari alat menggunakan flow cytometer. Flow cytometer ini menggunakan metode pengukuran dari jumlah dan sifat-sifat dari sel yang dapat dibungkus oleh aliran cairan kemudian dilewatkan bersama aliran melalui celah, sel dapat lewat satu persatu kemudian dilakukan perhitungan jumlah sel dan ukurannya (Koehane, 2016).

C. BAGIAN HEMATOLOGY ANALYZER

1.     Tombol on/off: berwarna hitam digunakan untuk menyalakan dan mematikan alat. Lalu dekat tombol tersebut ada kabel yang berfungsi untuk grounding.

2.     kabel dengan warna yang berbeda

-          Hijau pada inlet  (untuk cairan diluent)

-          Biru pada inlet (untuk cairan rinse)

-          Oranye pada inlet (untuk cairan liece)

-          Merah pada outlet (untuk pembuangan)

3.     Interface (ukuran besar): Berfungsi untuk mengirim data dari alat ke komputer.

4.     Interface (ukuran kecil): Untuk melakukan scan data.

5.     Display: Berfungsi untuk menampilkan hasil dari proses analisis dengan alat.

6.     Tombol navigasi: Berfungsi untuk menjalankan alat.

7.     Sampel Inlet: Terdapat di bawah dekat display. Fungsinya yaitu untuk menghisap sampel darah yang akan dilakukan analisa.

 

D. CARA KERJA

Perhitungan Sel Darah Otomatis (Hematology Analyzer)

Metode Impedance Melalui metode celah impedance  perhitungan seldarah   tergantung   pada   kebenarannya,   ketika   darahdiencerkan   dengan   reagen   yang   tepat,   resistivitaslistrik sel darah (ρc) lebih besar dari resistivitas cairandisekitarnya (ρf). berdasarkan hal tersebut yang manaresistivitas dapat dibedakan satu sama lain, sehinggakita dapat melakukan perhitungan jumlah sel

 

Metode Flow cytometry cell counterSensor optik flow cytometri terdiri  dari selubung penginderaan kuarsa yang dirancang khusus dengandesain   hidrodinamik   dan   wilayah   jalur   sel   yangmelewati   hanya   satu   sel   pada   suatu   waktu   yangberfokus   dilakukan   dengan   mengurangi  diameter pada celah hingga mencapai jalur sel. Aliran sel olehsensor  sangat penting. Darah yang dilakukan proses pembacaan adalah hasil pencampuran dengan reagen pengencer  kemudian akan masuk ke sensor.  Karena fokus hidrodinamik dan jalur sel tidak diikuti dengankenaikan turbulensi,  sehingga  cairan di  dalam  jalursel  melewati aliran laminar

 

Metode Fluorescent cytometry Menambahkan   reagen   neon   memperluas penggunaan   aliran  cytometry  untuk   mengukur populasi   sel   tertentu.  Pewarna fluorescent mengungkapkan rasio inti-plasma setiap sel bernoda. Hal ini berguna  untuk analisis   trombosit, sel  darahmerah berinti, dan retikulosit. (Isma & Usman, 2017)

E. CARA PERAWATAN

Cara perawatan hematologi analyzer adalah dengan menyimpan dengan baik di tempat yang datar dan kering. Alatnya pun harus dijaga dalam keadaan kering jika tidak digunakan untuk tetap menjaga keawetan alat. Kebersihannya pun penting juga dijaga agar ketelitiannya tetap terjaga.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Ginting, R. B. (2016). SISTEM PENDETEKSIAN MASALAH KERUSAKAN ALAT HEMATOLOGY ANALYZER DENGAN METODE FORWARD CHANNING. Majalah Ilmiah Politeknik Mandiri Bina Prestasi, 250-251.

Isma J dan Usman S.(2017). Pemeriksaan Kadar Darah Rutin Menggunakan Hematologi Analyzer
               Anal Kesehatan 1-5.

 

Koehane, E. M., Smith, L. J., & Walenga, J. M. (2016). Rodaks's Hematology : Clinical Principles an
              Application . 5th edn. Missouri : Elsevie

 

 

Komentar